Tuesday, October 7, 2014

SEJARAH SINAR-X DAN PROSES TERJADINYA SINAR-X

Sinar –x adalah gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang 10-8 -10-12 m dan frekuensi sekitar 1016 -1021 Hz. Sinar ini dApat menembus benda-benda lunak seperti daging dan kulit tetapi tidak dapat menembus benda-benda keras seperti tulang,gigi,dan logam.Sinar x sering di gunakan di berbagai bidang seperti bidang kedokteran,fisika,kimia,mineralogy,metarulugi,dan biologi.

Sinar x di temukan secara tidak sengaja oleh Wilhelm Conrad Rontgen (1845-1923).Ilmuwan Jerman pada November 1895.Pada waktu itu,Rontgen sedang mempelajari pancaran electron dari tabung katode.Lempeng logam yang letaknya di dekat tbung katode memencarkan sinar flueresens selama electron di alirkan.Oleh sebab itu,Rontgen menyimpulkan bahwa sinar tersebut di sebabkan oleh radiasi dari suatu atom.karena tidak di kenal dalm ilmu,maka Rontgen memberikan nama dengan sebutan SINAR X.






ADAPUN MANFAAT SINAR X,yaitu :


  • dalam ilmu kedokteran,sinar x dapat digunakan untuk melihat kondisi tulang,gigi serta organ tubuh yang lain tanpa melakukun pembedahan langsung pada tubuh pasien.
  • Biasanya,masyarakat awam menyebutnya dengan sebutan ‘’FOTO RONTGEN’’.Selain bermanfaat,sinar x mempunyai efek/dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh kita yaitu apabila di gunakan secara berlebihan maka akan dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya,misalnya kanker.Oleh sebab itu para dokter tidak menganjurkan terlalu sering memakai ‘’FOTO RONTGEN’’ secara berlebihan.



Sinar X terjadi karena adanya tumbukan elektron-elektron di dalam sebuah tabung hampa udara.
Sinar X terbagi menjadi 2 yaitu :



  1. Sinar X Bremstrahlung
  2. Sinar X Karakteristik



  • Sinar X Bremstrahlung terjadi akibat adanya interaksi antara elektron-elektron yang berasal dari Katoda dengan inti Atom yang berasal dari Anoda sehingga terjadi penyerapan energi atau pelepasan energi.
  • Sinar X Karakteristik terjadi akibat adanya tumbukan antara elektron-elektron yang berasal dari Katoda dengan elektron-elektron yang berada di lintasan Anoda sehingga terjadi pelepasan energi dari lintasan elektron yang lebih tinggi ke lintasan elektron yang lebih rendah.\


Syarat-syarat terjadinya Sinar X :


  1. Harus ada Sumber elektron (Katoda dan Anoda)
  2. Focussing cup
  3. Tabung hampa udara
  4. Adanya Pemercepat elektron (Rangkaian HTT)
  5. Adanya Awan Elektron 


Sifat-sifat sinar X :


  1. Dapat menembus objek atau benda karena mempunyai panjang gelombang yang sangat pendek.
  2. Tidak dipengaruhi oleh medan magnet atau medan Listrik jadi sinarnya tegak lurus.
  3. Dapat mengionisasikan suatu Zat
  4. Dapat mengeluarkan cahaya Luminisensi
  5. Dapat menghitamkan Film (Efek Fotografi)
  6. Dapat menimbulkan efek Biologi
  7. Sinar X apabila menembus objek akan terjadi Atenuasi,Absorpsi, dan Scatter.

No comments:

Post a Comment